ROSSAD NATSIR, JALIN CHEMISTRY JADI SATU STRATEGI

oleh -460 views

Meskipun tidak bisa dibilang sebagai olahraga yang populer, namun olahraga berkuda dapat menimbulkan rasa sayang dan fanatisme bagi para penggemarnya. Mahalnya biaya olahraga berkuda juga menjadi salah satu faktor yang membuat perkembangan olahraga ini menjadi sedikit terhambat untuk pangsa dalam negeri. Namun begitu, berkuda tetaplah menjadi salah satu cabang olahraga menantang dan beradrenalin tinggi.

 

“Berkuda itu unik, karena melibatkan dua makhluk hidup yakni kita (rider) dan kuda itu sendiri. Kekompakan rider dan kudanya menjadi tantangan tersendiri. Antara rider dan kudanya harus memiliki skill atau kemampuan yang berkembang bersama untuk meningkatkan faktor keberhasilan saat berlomba.” Tutur Rossad Natsir, rider berkuda Anantya Ridding Club Karanggan Gunung Putri Bogor.

 

Rossad juga berpendapat, membangun chemistry yang baik antara rider dan kuda akan mempermudah meraih hasil terbaik saat berlomba. Hal tersebut pun terbilang mudah dilakukan dengan cara sering mengajak kuda merumput atau berlatih menunggang di arena khusus.

 

“Kalau berlatih dengan kuda sebaiknya bisa dilakukan setiap hari, karena selain baik untuk menjalin chemistry, kuda pun akan lebih sehat bila terus dilatih. Jadi persiapan tidak hanya dilakukan menjelang lomba saja.” Tambah Rossad.

 

Dalam menghadapi lomba pun Rossad tak pernah menganggap enteng lawan-lawannya. Menurutnya berusaha tampil maksimal di setiap perlombaan menjadi keharusan yang harus ditempuhnya.

 

“Biasanya saat berlomba saya tak pernah memiliki target tinggi dulu. Yang terpenting bagaimana menyelesaikan lomba dengan sebaik-baiknya. Urusan juara itu bagaimana nanti hasil akumulasi dan faktor keberuntungan tentunya,” Ujar Rossad.

 

Untuk para rider baru khususnya yang ingin turun dikelas show jumping, Rossad sedikit memberikan tipsnya agar para rider banyak berlatih dressage dahulu. Setelah matang di kategori dressage, maka akan lebih mudah bila ingin turun di kelas show jumping.

 

“Kalau di dressage itu kan menuntut kita mampu mengontrol kuda kita. Bila kita sudah menguasai dressage, maka show jumping akan lebih mudah dalam mengendalikan kuda tentu dengan banyak perhitungan seperti langkah dan jarak lompatan.” Tutup Rossad.