PRASASTI TERINDAH ALM. HM ZAELANI ZEIN

oleh -1.772 views

Bagi keluarga besar Alm. HM Zaelani Zein, ZZ Stable memiliki arti penting. Sarat akan kenangan indah di masa lalu dan turur menjadi saksi kebahagiaan keluarga besar Alm HM. Zaelani Zein saat itu.

ZZ Stable mulai berdiri pada sekitaran tahun 1983-1984 di wilayah Cisarua, Puncak, Bogor. Waktu itu Alm HM Zaelani Zein bersama teman-teman yang salah satunya adalah pelatih kuda beliau membangun stable di atas tanah yang luasnya sekitar 11 hektar. Bangunan stable merupakan bangunan pertama yang dibangun Alm HM Zaelani Zein untuk merawat kuda kudanya waktu itu.

“Dulu ayah saya adalah salah satu pengembang di kawasan terpadu Kelapa, Gading Jakarta Utara. Jadi untuk meninjau proyek-proyeknya beliau lebih suka dengan menunggang kuda.” Kenang Rohalia Kharisma Zein yang juga merupakan putri dari Alm. HK Zaelani Zein..

Menurut wanita yang akrab disapa Lia ini, peruntukan ZZ Stable waktu itu adalah sebagai sarana berkuda milik pribadi. Hingga dalam kesempatan liburan Alm. HM Zaelani Zein kerapkali membawa keluarganya untuk bersantai sekaligus menunggang kuda.

“Ayah juga sempat membelikan anak-anaknya kuda masing-masing, hingga saat itu ZZ Stable memiliki 12 ekor kuda.” Tambah Lia.

Jadi sejak awal, ZZ Stable dibangun sebagai stable keluarga bukan dengan tujuan turun di perlombaan apalagi di zaman itu pasti kejuaraan-kejuaraan berkuda masih sangat jarang.

Untuk melengkapi fasilitas keluarga Alm. HM Zaelani Zein pun akhirnya mulai membangun villa keluarga, lapangan tenis, kolam renang, dan lapangan golf 9 hole.

“Kebetulan Ayah sangat suka berolahraga, jadi beliau pun tak lupa melengkapi ZZ Stable ini dengan fasilitas olahraga.” Imbuh Lia.

Dalam perjalanannya ZZ Stable pun sempat memasuki masa-masa suram. Kesibukan anak-anak Alm. HM Zaelani Zein yang telah beranjak dewasa ditambah kondisi usia beliau yang semakin bertambah membuat ZZ Stable tak lagi tertangani dengan baik.

Dengan kondisi stable yang kurang terawat menyebabkan beberapa kuda mati dan sebagian dijual. Hingga saat Lia kembali setelah merampungkan studinya di Amerika serikat, ia pun berinisiatif untuk membangun kembali ZZ Stable yang penuh kenangan masa kecil tersebut karena bagi Lia ZZ Stable merupakan prasasti terindah peninggalan ayahnya, Alm. HM Zaelani Zein.