KEZIA SANTOSO, DARI LINTASAN BALAP GOKART KE ARENA BERKUDA (BAG. 1)

oleh -508 views

Publik olahraga berkuda Indonesia mungkin belum mengenal sosok Kezia Santoso, maklum saja Kezia (sapaan akrabnya) memang pendatang baru di dunia olahraga berkuda. Tapi perlu juga diketahui, di lintasan balap khususnya balap gokart, Kezia memiliki nama besar berkat prestasinya yang bahkan pernah mengharumkan nama bangsa baik di kancah balap gokart tingkat Asia hingga level internasional.

 

Juara pertama Kelas Junior Asian Max Challenge (AMC) Malaysia

 

Dari lintasan gokart, beragam penghargaan dan gelar juara berhasil diraihnya bersama team TKM Racing, diantaranya prestasi membanggakan saat tampil sebagai juara pertama Asia Max Challenge (AMC) Kelas Junior yang digelar di Sepang International Karting Cirsuit Malaysia pada tahun 2012 lalu. Tak berhenti disitu, Kezia pun turut mengharumkan nama bangsa saat mewakili Indonesia pada Kejuaraan Dunia Rok Cup Final kelas senior tahun 2016 dengan meraih gelar runer up Final B  di South Garda Karting, Lonatto, Italia. Ditambah juga dengan koleksi gelarnya saat turun di kejuaraan-kejuaraan gokart tingkat nasional.

 

Selebrasi sang Srikandi Sirkuit

 

Pada tahun 2016, Kezia pun mencoba naik kelas ke ajang balap mobil Formula 4 SEA (South East Asia) yang diselenggarakan dibeberapa negara Asia Tenggara. Bersama sang adik, Keanon Santoso yang juga atlit gokart nasional, Kezia pun memulai petualangannya di dunia balapan yang membutuhkan sirkuit berukuran besar tersebut.

“Dunia balapan itu dunia yang keras, jarang sekali kaum perempuan yang trurun di balapan dan bisa dihitung dengan jari. Tak hanya butuh keberanian, balapan sangat butuh perhitungan dan kedisiplinan dengan segala resiko apalagi saat terjadi tabrakan.” Tutur Kezia Santoso.

 

Saat berseragam Formula 4 SEA

 

Berkat keberanian dan prestasinya, Kezia pun mendapatkan julukan Srikandi Sirkuit dari publik gokart Indonesia serta masuk kedalam jajaran Women In Motorsport Indonesia, sebelum akhirnya Kezia harus mengurangi aktifitas balapannya karena harus menempuh pendidikan di University Of Huddersfield, Manchester, Inggris pada tahun 2017.

 

Lalu apa yang membuat Kezia Santoso tertarik dengan dunia olahraga berkuda? Apa saja komentarnya tentang olahraga berkuda? Simak juga KEZIA SANTOSO, DARI LINTASAN BALAP GOKART KE ARENA BERKUDA (BAG. 2) hanya di berkuda.com.