PESERTA SHOW JUMPING BERTAMBAH, ECL SERI 5 LEBIH KOMPETITIF

oleh -373 views

Jumat (4/9) akan menjadi hari pertama pelaksanaan pertandingan kategori Show Jumping (lompat rintangan) Kejuaraan Equestrian Champions League (ECL) seri ke 5 yang digelar di APM Equestrian Centre Tigaraksa Tangerang Banten, setelah pada akhir pekan lalu mempertandingkan kelas-kelas dari kategori dressage (tunggang serasi). Sementara hari kedua kejuaraan akan digelar pada Minggu (6/9).

 

 

Dari daftar rilis peserta yang dikeluarkan pihak penyelenggara, terdapat peningkatan yang cukup signifikan di beberapa kelas yang pada seri 3 dan 4 lalu sempat sepi peminat. Kelas-kelas sperti SJ 100 Cm Open, SJ 110 Cm Open, SJ 120 Cm Open, dan SJ 70 Cm U 14 merupakan kelas-kelas yang mengalami jumlah peningkatan peserta terbanyak dari yang sebelumnya di seri 3 dan 4 lalu hanya berkisar dibawah 10 kuda, kini di seri 5 mencapai belasan peserta.

 

 

Sinyalemen ini merupakan pertanda positif bahwa para atlit dan stable-stable kian percaya kepada pihak penyelenggara yang berhasil mengemas kompetisi yang aman dengan mengedepankan standart protokol kesehatan ditengah isu penyebaran virus covid 19 yang tampaknya belum juga menunjukkan titik reda. Namun, usaha keras pihak penyelenggara ECL harus mendapatkan apresiasi tinggi karena berpengaruh langsung dengan dinamika olahraga berkuda Indonesia yang tidak masuk ke periode stagnan di masa pandemi ini.

 

 

 

Selain beberapa hal diatas, sejauh pengamatan berkuda.com, perubahan sistem penyelenggaraan kejuaraan juga memiliki pengaruh yang besar dalam menarik minat peserta. Bila pada seri 3 dan 4 lalu sistem penyelenggaraaan pertandingan dilakukan secara marathon di dua tempat berbeda dan dalam waktu yang bersamaan (2 minggu), kini di seri 5 kompetisi dilaksanakan dalam dua akhir pekan dengan pemisahan antara kategori dressage dan show jumping disetiap minggunya dengan menggunakan satu venue lomba yakni APM Equestrian Centre. Sehingga dengan sistem yang baru, permasalahan transportasi kuda dan juga atlit menjadi teratasi.

 

 

Dengan jumlah peserta yang semakin meningkat, diprediksi Kejuaraan ECL seri 5 ini akan berjalan lebih kompetitif. Semangat bertanding para atlit untuk terus berprestasi pun akan menjadi daya tarik tersendiri di kejuaraan ini. Satu hal yang pasti, masa pandemi ini bukan lah halangan untuk terus berprestasi asalkan tetap berkomitmen untuk tetap menjaga standart protokol kesehatan yang ketat selama pertandingan, dan pihak penyelenggara Kejuaraan ECL pun telah membuktikan bahwa mereka mampu menjaga keamanan, kenyamanan, dan kesehatan semua yang terlibat di kompetisi ini.