APA TANGGAPAN PARA SPONSOR KEJUARAAN LONGINES FEI JUMPING WORLD CUP SEA 2020?

oleh -443 views

Sebagai salah satu kejuaraan bergengsi dengan level internasional, dapat dipastikan bahwa Kejuaraan Longines FEI Jumping World Cup SEA 2020 membutuhkan bantuan pihak sponsor dalam menyelenggarakan event tersebut seperti juga kebanyakan kejuaraan-kejuaraan berkuda yang selama ini dihelat di tanah air. Dana sponsor sangat dibutuhkan untuk menutupi berbagai keperluan seperti operasional, perawatan lapangan bertanding, biaya tenaga kerja dan tenaga ahli, hadiah bagi para juara, hingga biaya konsumsi dan biaya-biaya lain yang menjadi standar penyelenggaraan suatu kejuaraan.

 

Rafiq Radinal, sangat mengapresiasi kepedulian para sponsor

 

Sepanjang pengamatan berkuda.com di lapangan, Kejuaraan Longines FEI World Cup SEA 2020 yang baru saja usai digelar dalam 3 seri di Arthayasa Stable (5-13 Desember 2020) cukup mendapat sambutan dari pihak sponsor. Beberapa sponsor datang dari club-club berkuda seperti Aragon Equestrian Sport, DNV Equestrian, ZZ Stable, Almor Stable, Zaganosh Equine Centre, Djiugo, dan Arthayasa Stable sendiri sebagai pihak penyelenggara, sementara beberapa sponsor juga datang dari kalangan perusahaan seperti Nusa Kirana Group, Alam Sutra, dan Oxone.

“Bantuan sponsor ini sebenarnya tidak lebih dari rasa kepedulian khususnya dari teman-teman pemilik club-club berkuda untuk kemajuan olahraga berkuda khususnya cabang equestrian, karena bila kejuaraan ini digunakan sebagai ajang promosi pasti agak sulit mengingat pertandingan digelar dengan standar protokol kesehatan yang ketat dengan pembatasan jumlah penonton yang hadir.” Ujar Rafiq Radinal selaku Event Director kejuaraan tersebut.

 

H. Edy Saddak bersama Ho Nai Yue, Juri asal Singapura

 

Namun begitu, beragam tanggapan pun muncul dari beberapa sponsor yang berhasil dihubungi berkuda.com. Tanggapan tersebut memang berhubungan langsung dengan hasil penyelenggaraan Kejuaraan Longines FEI Jumping World Cup SEA 2020 yang berakhir dengan lancar, aman, dan sukses.

“Sebagai sponsor Kami sangat puas. Kebetulan selama pelaksanaan kejuaraan Saya kerap bertanya dan berdialog dengan para pemilik kuda, para tenaga official, para atlet, para pelatih, bahkan denga para groom pun memberikan tanggapan yang sangat positif dengan pelaksanaan kejuaraan ini. Bagi Saya, dengan tingkat kepuasan dari berbagai pihak yang terlibat di kejuaraan ini merupakan kemenangan tersendiri bagi Indonesia. Insya Allah ke depannya dunia olahraga equestrian Indonesia akan semakin maju.” Ujar H. Edy Saddak selaku petinggi Aragon Equestrian Sport yang juga memiliki produk andalan Aragon Horse Feed Sport Formula.

 

Asep Siregar dan Riyanti Kutty Nurinda, semua senang dengan hadiah gemilang

 

Tak berbeda halnya dengan DNV Equestrian yang juga merupakan sponsor utama di kejuaraan tersebut. Riyanti Kutty Nurinda selaku founder DNV Equestrian pun memuji kinerja pihak penyelenggara dalam mengemas kejuaraan berkuda ini menjadi sangat menarik baik dari sisi pertandingan juga dari sisi hadiah bagi para juara.

“Saya sangat terkesan dengan kerja keras pihak penyelenggara selama pelaksanaan kejuaraan. Baik kru, official, dan club-club saling bersinergi dalam menyukseskan kejuaraan ini meskipun digelar dalam suasana masa pandemi. Performa para atlet saat bertanding juga membuktikan keseriusan Mereka dalam menghadapi setiap pertandingan cukup membuat Kita bangga. Yang penting panitia senang, penonton senang, peserta juga senang dengan hadiah yang gemilang.” Ujar Riyanti Kutty Nurinda disambut tawa renyahnya, sekaligus berkomitmen untuk selalu mendukung kejuaraan seperti ini sebagai bentuk kepedulian untuk kemajuan olahraga berkuda di Indonesia.

 

Rohalia Kharisma Zein, founder ZZ Stable, dukung kemajuan olahraga equestrian Indonesia

 

Sementara itu, Rohalia Kharisma Zein selaku pemilik ZZ Stable pun turut memberikan komentarnya terhadap pelaksanaan kejuaraan ini yang menurutnya sangat baik sebagai sarana pembinaan bagi para atlet berkuda Indonesia yang sebenarnya sudah mumpuni untuk turun di pertandingan-pertandingan internasional.

“Menanggapi pelaksanaan kejuaraan ini, Saya menyatakan sangat-sangat puas atas penyelenggaraan juga manajemen kejuaraan ini. Sebagai sponsor Saya berharap agar kedepannya lebih sering lagi diadakan event-event seperti ini apalagi dengan kelas-kelas yang berbeda, dan Insya Allah Saya akan terus mendukung setiap upaya untuk kemajuan olahraga equestrian di tanah air.” Tegas Rohalia Kharisma Zein yang juga memiliki pengalaman segudang dalam menyelenggarakan kejuaraan-kejuaraan berkuda di tanah air dalam kurun beberapa tahun terakhir.

 

Penyerahan simbolis bantuan sembako dari pihak sponsor

 

Pada Kejuaraan Longines FEI Jumping World Cup SEA 2020, pihak penyelenggara juga mengadakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada para Groom dan juga Masyarakat di sekitar Arthayasa Stable yang terdampak masa pandemi Virus Covid 19, adapun anggaran kegiatan tersebut disisihkan dari dana sponsor yang terkumpul.