KABAR DUKA DIAWAL TAHUN, ALEX ASMASOEBRATA TELAH TIADA

oleh -634 views

Kabar duka menyelimuti organisasi dan para komunitas berkuda Indonesia, salah satu tokoh olahraga berkuda Indonesia, H. Mas Alex Asmasoebrata telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu, 2 Januari 2021 saat menjalani perawatan karena sakit yang dideritanya di RSCM Jakarta pada usia 69 tahun.

Beberapa bulan lalu, Alex (sapaan beliau) juga sering berbagi kabar kepada berkuda.com tentang proses pengobatan yang harus dijalaninya. Semua hal tentang proses tersebut pun disampaikan Mendiang Alex dengan semangat untuk meraih kesembuhan total di tengah aktifitasnya yang terbilang padat.

“Alhamdulillah, operasi berjalan lancar, saat ini Saya masih puasa 40 jam. Selanjutnya akan ada tindakan operasi yang ke 4 minggu depan. Hatur nuhun pisan atas perhatian dan doanya.” Ketik mendiang Alex ketika berkuda.com berkomunikasi via jaringan whatsapp pada 9 Agustus 2020.

Begitupun saat kembali menjalani operasi pada 27 Oktober 2020, Alex juga menuturkan bahwa operasi berjalan lancar dan sedang menunggu proses pemulihan untuk keluar dari rumah sakit. Sekaligus berbagi kabar bahwa dirinya sempat mendapat kunjungan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 20 Oktober 2020.

Setelah pulih, Mendiang Alex pun sempat menghadiri beberapa kejuaraan-kejuaraan equestrian, dan bahkan juga aktif mendampingi Ketum PP Pordasi, Triwatty Marciano dalam mempersiapkan Kejurnas Pacuan di Bantul Yogjakarta yang akhirnya batal digelar imbas masa pandemi covid 19.

Sebagai tokoh berkuda, dimasa hidupnya, Mendiang Alex menduduki jabatan strategis yakni sebagai Ketua Pengprov Pordasi DKI Jakarta, dan Ketua Harian PP Pordasi 2020-2024. Mendiang Alex juga aktif di Munas PP Pordasi tahun 2020 sebagai Ketua TPP (Tim Penjaringan dan Penyaringan) yang akhirnya memuluskan langkah Triwatty Marciano ke kursi Pordasi 1.

Selain di dunia olahraga berkuda, Mendiang Alex juga merupakan salah satu tokoh olahraga balap nasional. Sebagai mantan pebalap serba bisa, Mendiang Alex merupakan senior dikalangan pebalap Indonesia. Kiprah terakhirnya di dunia balap adalah ketika beliau mengorbitkan putri kesayangannya Alexandra Asmasoebrata saat meniti karir profesional di bidang balap gokart hingga ke ajang balap mobil formula dengan sukses. Bahkan karena rasa kecintaannya dengan dunia balap, Mendiang Alex pun sempat turun tanding di salah satu kejuaraan gokart tingkat nasional pada Oktober 2020 lalu.

Rancananya, Mendiang Alex akan dimakamkan hari ini (Sabtu, 2/1) di pemakaman keluarga di wilayah Sumedang Jawa Barat, dan dikarenakan situasi masa pandemi virus covid 19, pihak keluarga besar Mendiang Alex dengan segala hormat meminta agar para kenalan, handai taulan, dan kerabat untuk tidak menerima kunjungan/takziyah demi keamanan dan kesehatan bersama.

Selamat jalan Kang Alex. Doa terbaik ……………………..