M. AKBAR MAULANA, KEMBALI UNJUK PERFORMA

oleh -186 views

Nama M. Akbar Maulana memang sempat hilang dari jajaran atlet muda berkuda berprestasi pada kurun waktu tahun 2019 dan 2020. Akbar (sapaan akrabnya) yang sebenarnya memiliki bakat besar seperti yang telah dia tunjukkan pada musim-musim lomba sebelum tahun 2019. Namun memang ada beberapa peristiwa yang membuat Kakak kandung The Fenomenal, M. Akbar Kurniawan itu untuk merelakan catatan prestasinya sedikit tenggelam di 2 tahun yang berat tersebut.

Insiden cedera lengan saat mengikuti salah satu kejuaraan di Denkavkud Parongpong ditahun 2019 membuat Akbar harus istirahat panjang untuk masa pemulihan hingga ke musim lomba tahun 2020. Dimusim lomba tahun 2020 pun Akbar hanya sesekali turun tanding di beberapa kejuaraan dan itupun sebatas dikelas Dressage (tunggang serasi) saja karena kesibukan studinya di negara tetangga Singapura. Dua hal itulah yang membuat Akbar jarang muncul di barisan atlet peraih podium.

 

Pose di podium kemenangan

 

Namun, memasuki musim lomba tahun 2021 yang sempat tertunda akibat masa pandemi, Akbar seolah menjawab segala keraguan dengan tampil ciamik di seri pembuka kejuaraan Equestrian Champions League (ECL). Menjuarai kelas SJ 110 Cm U21 Young Rider cukup menjadi sinyal bahwa Akbar telah kembali ke performanya seperti beberapa tahun lalu.

“Ya ini pertama kali Saya turun lagi dikelas jumping setelah mengalami cedera. Dengan keberhasilan ini akan semakin memotivasi Saya untuk terus berlatih dan mempersiapkan diri lebih baik lagi di kejuaraan-kejuaraan mendatang.” Tutur Akbar yang mewakili Kurnia Stable.

 

Bersama Braveheart, akan menyaingi Sand Adik?

 

Pada pertandingan dikelas Young Rider tersebut, Akbar yang berpasangan dengan kuda yang menjadi maskot Kurnia Stable, yakni Braveheart secara meyakinkan mampu mengungguli 8 peserta lainnya dengan hasil clear round dengan catatan waktu 78,11 detik sekaligus menyingkirkan 2 atlet muda yang tengah naik daun yakni Dirga Saputra dan M. Akbar Kurniawan.

“Dari segi latihan persiapan sih tidak ada kendala yang berarti, selain berlatih kuda, Saya juga berlatih fisik dan cardio untuk menjaga stamina Saya saat bertanding. Insya Allah di seri berikutnya Saya akan kembali bertanding asal tidak terbentur dengan jadwal kuliah Saya.” Pungkas Akbar yang rajin bolak-balik Jakarta Singapura untuk kuliah dan berlatih kuda.