ACHMAD FATIH, JUARA DI KELAS HBA CHILDREN BEGINNER

oleh -337 views

Olahraga berkuda dan memanah atau yang populer disebut Horseback Archery (HBA), merupakan salah satu cabang olahraga kini resmi menjadi bagian dari Pordasi selaku induk organisasi olahraga berkuda Indonesia. Tingkat kesulitan dalam pertandingan HBA pun terbilang tidak kalah dengan tiga cabang olahraga berkuda lainnya yang terlebih dahulu diakuisisi Pordasi yakni Pacuan, Equestrian, dan Polo, dimana dalam cabang olahraga HBA, para Atlet dituntut fokus terhadap 2 hal, yakni menjaga keseimbangan saat berkuda dan tetap berkonsentrasi dalam mengarahkan bidikan anak panah menuju sasaran.

Seperti yang dapat disaksikan pada gelaran Latihan Gabungan Perdana Jaya pada Minggu (30/5) yang dihelat di lahan eks Andalan Stable kawasan Pasir Angin Gunung Geulis Kabupaten Bogor, sekitar 28 peserta dari kalangan anak-anak baik pria dan wanita turun bertanding untuk menjadi yang terbaik di kelas HBA Children Beginner.

 

Para Juara kelas HBA Children Beginner

 

Akhirnya, setelah melewati persaingan yang cukup ketat, Juara pertama berhasil diraih Achmad Fatih Ghaisan Kurniawan yang mewakili Tiramicu dengan raihan 16 poin disusul rekan satu timnya M. Jibran Abrisam yang berhasil mengumpilkan 12 poin diposisi runner up, serta Barreta. P wakil AH Archery yang mengoleksi 11 poin di peringkat ketiga.

“Senang rasanya bisa menang dalam pertandingan ini setelah kurang lebih 5 kali Saya ikut pertandingan HBA. Secara persiapan Saya berlatih pada waktu-waktu luang dari kegiatan sekolah. Kedepannya Saya akan terus berlatih untuk mempersiapkan diri ikut di pertandingan-pertandingan berikutnya.” Ujar Achmad Fatih yang kini duduk di kelas 1 SMP Muhammadiyah Jakarta tersebut.

Baik Achmad Fatih dan juga para Atlet  pendatang baru lainnya, kegiatan seperti Latihan Gabungan Perdana Jaya merupakan kesempatan untuk mengasah keterampilan menuju karir profesional.

 

Penghitungan poin dari para Juri

 

“Olahraga HBA ini merupakan olahraga yang memiliki jenjang karir internasional, salah satunya adalah Kejuaraan HBA kelas internasional yang kini tengah digelar di Turki. Kita berharap agar pembinaan ini nantinya akan ada atlet-atlet HBA asal Indonesia yang bisa berprestasi di kejuaraan-kejuaraan HBA kelas dunia.” Ujar Azwariansyah, Ketua Perdana Jaya sekaligus Ketua Panitya Latihan Gabungan Perdana Jaya.

Azwariansyah juga mengungkapkan bahwa di beberapa negara, olahraga HBA ini dikelola dan dibina langsung oleh Kementrian Budaya negara masing-masing, mengingat kegiatan berkuda dan memanah mengandung sisi budaya masyarakat yang harus tetap dilestarikan.